tempat wisata pantai pulau datok kayong utara

Negeri ini terlalu banyak tempat yang indah, sehingga rasanya tak habis-habis bila kita kunjungi. Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang keindahan alam di pesisir selatan wilayah Kalimantan Barat, tepatnya Pantai Pulau Datok di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. 



Pulau Datok merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Kayong Utara. Letaknya tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten kayong utara. Untuk sampai di Pantai Pulau Datok kita hanya perlu waktu 10 menit dari pusat kota Sukadana. Namun bila kita dari Kota Pontianak akan memakan waktu yang cukup lama. Perjalanan dari kota Pontianak dapat di tempuh melalui udara maupun laut dan darat. Jika kita memilih jalur udara maka kita akan memerlukan waktu total ± 3 jam dengan rincian 45 menit dengan menggunakan pesawat dari bandara Supadio Pontianak ke bandara Rahadi Usman di Ketapang. Dari kota Ketapang, dilanjutkan perjalan darat kurang lebih 2 jam atau dengan jarak tempuh 78 km.

Setelah sampai di kota sukadana, kita langsung menuju lokasi objek wisata pantai pulau dato. Kesan pertama kali yang terasa ketika sampai di pantai pulau dato adalah seperti masuk disuatu desa kecil yang penuh sambutan ramah dari masyarakat sekitar.

Terus ke dalam perjalannan kita lanjutkan, maka kita akan merasa masuk ditepian hutan dengan rindangnya pohon yang berukuran besar disekelilingnya, semakin ke dalam kita mulai merasakan angin laut yang mulai berhembus dan mulai terdengar suara ombak-ombak kecil yang menjamah bibir pantai. Jauh memandang, maka kita akan air laut yang biru dan luas serta hamparan pasir putih yang memanjang yang membetuk setengah lingkaran yang dibatasi perbukitan.

Sungguh indah, pemandangan di pantai pulau datok ini, masih asri dan alami. Ombak yang tenang, pasir yang putih dan bersih disertai hembusan angin yang memanjakan mata membuat kita tak ingin lekas pergi meninggalkan pantai ini. 

Di ujung pandangan terihat perahu-perahu nelayan yang terombang-ambing diatas air laut yang biru, bias-bias cahaya pantulan matahari membuat air laut berkilau bak berlian yang indah ditengah laut. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "tempat wisata pantai pulau datok kayong utara"

Post a Comment